Skip to content

KaryaTulisIlmiah~X-A :*

Februari 1, 2013

JUNK FOOD DAN FAST FOOD

DALAM KEHIDUPAN SEHARI – HARI

disusun untuk mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah

dalam rangka Barito Vaganza VI

 

 

 

 

 

 

 

 

Disusun Oleh :

  1. Ainin Faricha X-A
  2. Nurlaila Ramadani X-A
  3. Zaskya Arifah E  X-A

 

 

Sekolah Menengah Kejuruan Putra Indonesia Malang

Program Keahlian: Kimia Industri

Jalan Barito nomor 5 Malang Telp (0341) 491132

Tahun Pelajaran 2012-2013

KATA PENGANTAR

Rasa syukur kami ucapkan kepada Allah SWT yang dengan rahmat dan hidayah-Nya kami dapat melaksanakan dan menyusun Karya Tulis Ilmiah ini. Untuk mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah dalam acara Barito Vaganza VI di SMK Putra Indonesia Malang, Program Keahlian Kimia Industri  dengan judul “Junk Food dan Fast Food dalam Kehidupan Sehari – hari”.

Atas bimbingan bapak serta ibu guru dan saran atau kritik dari teman-teman maka disusunlah Karya Tulis Ilmiah ini. Semoga dengan tersusunnya KTI ini dapat berguna bagi kami semua dalam mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah ini. Selain itu, dengan tersusunnya Karya Tulis Ilmiah ini diharapkan juga dapat menjadi pedoman untuk penelitian lain.

 Rasa dan ucapan terima kasih patut kami sampaikan kepada pihak yang telah membantu kami dalam menyusun laporan ini. Dalam penulisan KTI ini kami mengucapkan terima kasih kepada:

  1. Ibu Dian Purnamawati, selaku kepala sekolah SMK Putra Indonesia Malang
  2. Bapak Ari Nurcahyo Darmawan dan Ibu Anita W. Kursasi, yang telah mendukung kami untuk meyelesaikan karya ilmiah ini.
  3. Semua pihak yang telah ikut dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiah ini.

Kami berharap Karya Tulis Ilmiah ini bermanfaat bagi semua pihak dan sebagaimana mestinya serta bila terdapat kekurangan dalam pembuatan laporan ini penulis mohon maaf, karena penulis menyadari karya tulis ilmiah ini masih jauh dari kesempurnaan.

Malang, 22 Januari 2013

                                                                            Penulis

 

 

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL                                                                                               

KATA PENGANTAR                                                                                 i

DAFTAR ISI                                                                                                 ii

BAB I PENDAHULUAN                                                                            1

1.1.  Latar Belakang                                                                                        1

1.2. Tujuan Pembahasan                                                                                 2

1.3. Rumusan Masalah                                                                                    2

1.4. Sumber Data dan  Metode Penelitian                                                      2

       1.4.1 Sumber Data                                                                                   2

       1.4.2 Metode Penelitian                                                                           2

BAB II PEMBAHASAN                                                                             

2.2 Definisi Junk Food dan Fast food                                                            3

2.3 Kandungan Junk Food dan Fast Food                                                     8

2.4 Dampak dari Junk Food dan Fast Food                                                   20

2.5 Cara mengurangi Junk Food dan Fast Food                                             21

BAB III PENUTUP                                                                                     

3.1 Kesimpulan                                                                                               23

3.2 Saran                                                                                                         23

DAFTAR PUSTAKA                                                                                                                 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1.LATAR BELAKANG

Dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang pesat, sehingga semakin mudahnya manusia dalam melakukan segala sesuatu. Terjadi pula perubahan pola dan gaya hidup manusia pada saat ini. Kita dapat melihat salah satu contohnya yaitu semakin maraknya makanan siap saji atau biasa disebut junk food atau fast food atau yang sering terdengar dengan sebutan makanan instant.

Tanpa kita sadari, maraknya fast food selain memiliki dampak positif  juga memiliki dampak negatif untuk kesehatan tentunya. Dampak positif dapat dibuktikan dari cara penyajian yang cepat untuk menghemat waktu yang miliki. Tapi selain itu kita juga harus melihat dampak negatif yang ditimbulkan oleh junk food atau fast food, misalnya bertambahnya kadar lemak dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan obesitas atau kegemukan.

Kandungan junk food yang sebagian besar merupakan zat adiktif yang membahayakan tubuh apabila dikonsumsi secara berlebihan. Zat adiktif yang dikonsumsi secara berlebihan dapat mengakibatkan tumbuhnya kanker dalam darah yang berakibat fatal.

 

 

 

 

1.2. TUJUAN PEMBAHASAN

Karya tulis ilmiah yang berjudul “JUNK FOOD DAN FAST FOOD DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI” ini ditulis untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang junk food atau fast food  dan untuk mengetahui kandungan dari junk food atau fast food dampak yang ditimbulkan. Sebab, di zaman sekarang konsumsi junk food dan fast food sudah menjadi kebiasaan dan jika terus menerus akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh.  

Selain itu karya tulis ilmiah ini ditulis untuk mengikuti lomba Karya Tulis Ilmiah dalam rangka Barito Vaganza VI yang diselenggarakan oleh SMK Putra Indonesia Malang. Dengan karya ilmiah ini, kami berharap konsumsi junk food dalam kehidupan baik untuk diri sendiri atau orang lain di sekitar semakin berkurang, serta dapat menciptakan pola hidup sehat dengan makanan yang bergizi.

1.3 RUMUSAN MASALAH

     1. Apa pengertian dari junk food atau fast food ?

     2. Apa kandungan dari junk food atau fast food ?

     3. Apa dampak yang ditimbulkan dari junk food atau fast food ?

     4. Bagaimana cara menghindari atau mengurangi konsumsi junk food dalam

         kehidupan sehari–hari?

1.4 SUMBER DATA DAN METODE PENELITIAN

Metode yang kami gunakan adalah deskriptif. Kajian pustaka dilakukan        

      dengan mencari literatur di internet dan buku – buku panduan.

 

BAB II

KERANGKA TEORI

2.1. PENGERTIAN JUNK FOOD

                         Junk Food, terdiri dari kata junk yaitu sampah, dan food yang berarti makanan. Menurut Wikipedia adalah istilah yang mendeskripsikan makanan yang tidak sehat atau memiliki sedikit kandungan nutrisi. Makanan Junk Food mengandung jumlah lemak yang besar. Makanan cepat saji sering dianggap sebagai junk food, sementara makanan yang lain tidak dianggap, meskipun nutrisi yang dimilikinya hampir sama.

                        Fokus utama dari istilah Junk Food sebenarnya adalah kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung didalamnya. Sehingga implemantasinya dapat mengarah pada berbagai jenis makanan, tidak hanya makanan cepat saji. Sebab, ada kalanya terdapat makanan cepat saji dalam komposisi nutrisi yang baik.

                 Menurut World Health Organization (WHO), badan kesehatan internasional  di bawah naungan PBB mengkategorikan 10 golongan yang disebut makanan Junk Food. 

2.1.1 Makanan gorengan

Golongan makanan ini pada umunya kandungan kalorinya tinggi, kandungan lemak atau minyak dan oksidanya tinggi. Bila dikonsumsi secara regular dapat menyebabkan kegemukan, mengakibatkan hyperlipitdema dan sakit jantung korener. Dalam proses menggoreng sering terjadi banyak zat karsiogenik, hal mana telah dibuktikan kecenderungan kanker bagi mereka yang mengkonsumsi makanan gorengan jauh lebih tinggi dari yang tidak / sedikit mengkonsumsi makanan gorengan.

 

2.1.2 Makanan kalengan

Baik yang berupa buah kalengan atau daging kalengan, kandungan gizinya sudah banyak dirusak, terlebih kandungan vitaminnya hampir seluruhnya mengalami penurunan baik kualitas maupun kuantitas dari bahan asalnya. Terlebih dari itu kandungan proteinnya telah mengalami perubahan sifat hingga penyerapannya diperlambat. Nilai gizinya jauh berkurang. Selain itu banyak buah kalengan berkadar gula tinggi dan diasup ke tubuh dalam bentuk cair sehingga penyerapannya sangat cepat. Dalam waktu singkat dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat, memberatkan beban pankreas. Bersamaan dengan tingginya kandungan kalori, juga dapat menyebabkan obesitas.

2.1.3 Makanan asinan

Dalam proses pengasinan dibutuhkan penambahan garam secara signifikan, hal mana dapat mengakibatkan kandungan garam makanan tersebut melewati batas dan menambah beban ginjal. Bagi pengkonsumsi makanan asinan tersebut, bahaya hipertensi dapat dihasilkan. Terlebih pada proses pengasinan sering ditambahkan amonium nitrit yang menyebabkan peningkatan bahaya kanker hidung dan tenggorokan. Kadar garam tinggi dapat merusak selaput lendir pada lambung dan usus. Bagi mereka yang secara kontinyu mengkonsumsi makanan asin dapat menyebabkan radang lambung dan usus.

2.1.4 Makanan daging yang diproses (ham, sosis, dll)

Dalam makanan golongan tersebut mengandung garam nitrit dapat menyebabkan kanker, juga mengandung pengawet atau pewarna yang memberatkan beban hati atau liver. Dalam ham kadar natriumnya tinggi, mengkonsumsi dalam jumlah besar dapat mengguncangkan tekanan darah dan memberatkan kerja ginjal.

2.1.5 Makanan dari daging berlemak dan jerohan

Walaupun makan ini mengandung kadar protein yang baik serta vitamin dan mineral, tapi dalam daging berlemak dan jerohan mengandung lemak jenuh dan kolestrol yang sudah divonis sebagai pencetus penyakit jantung. Makan jerohan binatang dalam jumlah banyak dan waktu lama dapat menyebabkan penyakit jantung koroner dan tumor ganas seperti kanker usus besar dan kanker payudara.

2.1.6 Olahan Keju

Sering mengkonsumsi olahan keju dapat menyebabkan penambahan berat badan hingga gula darah meninggi. Mengkonsumsi cake atau kue keju bertelur menyebabkan kurang nafsu makan. Konsumsi makanan berkadar lemak dan gula tinggi sering mengakibatkan pengosongan perut. Banyak kasus terjadinya hyperakiditas dan rasa terbakar.

2.1.7 Mi Instant

Makanan ini tergolong makanan tinggi garam, miskin vitamin dan mineral. Kadar garam tinggi menyebabkan beratnya beban ginjal, meningkatkan tekanan darah dan mengandung trans lipid, memberatkan beban pembuluh darah jantung.

2.1.8 Makanan yang dipanggang atau dibakar

Makanan yang dipanggang atau dibakar seperti sate, ayam bakar dan sejenisnya mengandung zat penyebab kanker atau karsinogenik.

2.1.9 Sajian manis beku

Termasuk golongan ini ice cream, cake beku dan lain-lain. Golongan ini punya 3 masalah karena mengandung mentega tinggi yang menyebabkan obesitas karena kadar gula tinggi mengurangi nafsu makan juga karena temperatur rendah sehingga mempengaruhi usus.

2.1.10 Manisan kering

Mengandung garam nitrat. Dalam tubuh bergabung dengan ammonium menghasilkan zat karsiogenik juga mengandung zat aditif sebagai tambahan yang merusak fungsi hati dan organ lain, mengandung garam tinggi yang menyebabkan tekanan darah tinggi dan memberatkan kerja ginjal.

Setidaknya kita dapat menganalisa makanan dengan tepat, himbauan WHO atas daftar makanan diatas bukan berarti kita dilarang mengkonsumsinya. Jadi, paling tidak pola hidup sehat juga didukung oleh pola makanan sehat.

          Banyak orang yang keliru menganggap bahwa fast food merupakan junk  food. Padahal sebenarnya fast food memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Namun apabila terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi fast food, maka fast food tersebut akan menjadi junk food bagi tubuh kita. Jadi tidak semua fast food seperti fried chicken, hamburger, pizza, dan lain-lain merupakan junk food. Makanan-makanan tersebut dapat menjadi junk food apabila dikonsumsi secara berlebihan dan terus-menerus. Karena itu bukan berarti bahwa semua restoran-restoran fast food menjual junk food. Makanan-makanan fast food yang dibuat sendiri di rumah juga akan menjadi junk food apabila dikonsumsi berlebihan. Bahkan makanan-makanan yang seharusnya menyehatkan bisa berubah menjadi junk food. Berikut ini adalah 10 jenis makanan sehat yang berubah menjadi junk food setelah dikomersilkan, antara lain :

          2.1.10.1 Pizza

2.1.10.2 Sayuran organik komersil

                        Banyak produk-produk organik yang beredar di pasaran adalah produk yang tidak pasti apakah produk organik tersebut menyehatkan.

 

2.1.10.3 Sereal

                        Sereal yang dijual di pasaran adalah produk gandum, oat, atau beras yang telah ditambahi gula, sirup, dan bahan-bahan lain yang justru membuat sereal menjadi junk food bagi tubuh.

2.1.10.4 Roti tawar

                        Roti tawar yang sehat seharusnya terbuat dari tepung, air. Sedikit garam dan ragi. Namun banyak produk roti tawar yang dipasarkan mengandung tepung dengan gula, sirup, bahkan bahan tambahan yang tidak berguna.

2.1.10.5 Popcorn

                                                Sebenarnya jagung itu sehat karena memiliki zat besi tinggi, rendah kalori dan sedikit gula. Namun banyak produk popcorn yang dijual di pasaran memiliki rasa yang asin karena justru kandungan gula dan garam di dalam produk popcorn yang lebih banyak sehingga tidak lagi menyehatkan.

2.1.10.6 Kentang russet

                        Kentang ini adalah jenis kentang yang biasanya dipakai untuk membuat french fries. Ternyata jenis kentang ini dapat memicu terjadinya diabetes dan obesitas karena apabila dikonsumsi maka kentang ini cepat terkonversi menjadi gula darah. Meskipun begitu banyak produsen yang menambahkan gula dan garam pada produk kentang ini, karena jenis kentang ini memiliki rasa yang hambar.

2.1.10.7 Teh hijau

                        Teh hijau sebenarnya adalah minuman yang menyehatkan. Namun sekarang banyak dipasarkan teh hijau dalam kemasan botol yang telah ditambah dengan zat-zat lain seperti gula, penguat rasa, dan pengawet yang membuat teh hijau tidak lagi menjadi minuman yang sehat.

 

 

2.1.10.8 Sup kalengan

          Awalnya sup kalengan memiliki komposisi yang ideal dan sehat. Namun lama-lama banyak produsen sup kalengan yang hanya memikirkan keuntungan sehingga produk sup kalengan mereka tidak lagi mengandung komposisi yang ideal dan sehat.

2.1.10.9 Yoghurt

                        Banyak dijumpai yoghurt-yoghurt kemasan yang dijual di pasar swalayan. Sebagian produk yoghurt tersebut biasanya mengandung banyak gula dan buah yang diproses, kemudian disamarkan menjadi produk yoghurt yang sehat.

2.1.10.10 Nugget ikan

                        Nugget ikan yang ada di pasaran memang membuat praktis, namun justru mengandung lebih banyak garam dan lemak sehingga tidak sehat bagi tubuh.

 

2.2 KANDUNGAN JUNK FOOD

            Junk food sering disebut-sebut tidak sehat bagi tubuh. Hal ini dikarenakan, kandungan nutrisi junk food sangat rendah atau kalorinya terlalu tinggi dan hanya mengandalkan rasanya yang enak. Umumnya yang termasuk dalam golongan junk food adalah makanan berkadar garam (sodium) tinggi, bergula tinggi, berlemak jenuh dan kolesterol tinggi, namun kandungan nutrisi lainnya seperti protein, vitamin dan mineral sangat sedikit. Bila jumlah ini terlalu banyak di dalam tubuh, maka akan menimbulkan banyak penyakit. Dari penyakit ringan sampai penyakit berat seperti darah tinggi, stroke, jantung, dan kanker.

            Sodium tidak boleh kebanyakan terdapat di dalam tubuh kita. Untuk ukuran orang dewasa, sodium yang aman jumlahnya tidak boleh lebih dari 3300 miligram. Ini sama dengan 1 3/5 sendok teh. Bila sodium terlalu banyak, maka dapat meningkatkan aliran dan tekanan darah sehingga bisa membuat tekanan darah tinggi. Tekanan darah yang tinggi juga akan berpengaruh munculnya gangguan ginjal, penyakit jantung, dan stroke. Satured fat berbahaya bagi tubuh karena zat tersebut merangsang organ hati untuk memproduksi banyak kolesterol. Kolesterol sendiri didapat dengan 2 cara, yaitu oleh tubuh itu sendiri dan ada juga yang berasal dari produk hewani yang kita makan.

            Kolesterol banyak terdapat dalam daging, ayam, ikan, telur,mentega, susu, dan keju. Bila jumlahnya banyak, kolesterol dapat menutup saluran darah dan oksigen yang seharusnya mengalir ke seluruh tubuh. Tingginya jumlah satured fat akan menimbulkan kanker, terutama kanker usus dan kanker  payudara. Kanker payudara merupakan pembunuh terbesar setelah kanker usus. Lemak dari daging, susu, dan produk-produk susu merupakan sumber utama dari satured fat. Selain itu, beberapa junk food juga mengandung banyak gula. Gula, terutama gula buatan, tidak baik untuk kesehatan karena dapat menyebabkan penyakit gula atau diabetes, kerusakan gigi, dan obesitas. Minuman bersoda, cake,dan cookies mengandung banyak gula dan sangat sedikit vitamin serta mineralnya. Minuman bersoda mengandung paling banyak gula, sedangkan kebutuhan gula dalam tubuh tidak boleh lebih dari 4 gram atau satu sendok teh sehari.

2.3 Tabel Zat Aditif pada Makanan

 

ID

NAMA

PRODUK

JENIS

MAKANAN

KANDUNGAN

ZAT ADITIF

1

Chitato

Makanan Ringan

TBHQ,MSG, CaCO3, DG, DI, pewarna, NaB

2

Chitos

Makanan Ringan

DG, DI, CaCO3, FF, TBHQ, pewarna, NaB, MSG

3

Piattos

Makanan Ringan

KCl, AAS, pewarna, NaB, MSG

4

French fries

Makanan Ringan

NaB, pewarna, Si, FF, AS, MSG

5

Potato Chips

Makanan Ringan

NB, FF, pewarna, AS, MSG

6

Potato Steak

Makanan Ringan

DG, DI, CaCO3, FF, TBHQ, MSG

7

Happy Tos

Makanan Ringan

KB, SB, pewarna, NaB, FF, MSG

8

Balls

Makanan Ringan

TBHQ, MSG, CaCO3, DG, DI, pewarna, NaB, Si

9

Taro

Makanan Ringan

NB, FF, AS, CaCO3, KB, NaB, DG, DI, MSG

10

Double Dekker

Makanan Ringan

TBHQ, MSG, CaCO3, DG, NaB, pewarna,AS

11

Jet Zet

Makanan Ringan

KB, SB, MSG, NaB, FF, TBHQ, pewarna, KCO3, NB

12

Twisko

Makanan Ringan

DG, DI, KCO3, FF, TBHQ, TBHQ, MSG

13

Mie Remes ABC

Makanan Ringan

MSG, KB, SB, NaB, FF, pewarna, NB, Aas

14

Indomie Goreng

Makanan Siap Saji

Fe, PK, P, pewarna, AF, MSG, KB, SB, Aas, NB

15

Selera Rakyat

Makanan Siap Saji

MSg, NaK, NaB, KCO3, G, pewarna, KB

16

Sedap

Makanan Siap Saji

Tk, AR, MSG, pewarna, NB, NaB, KB, CaB

17

ABC

Makanan Siap Saji

MSG, NB, KB, CaB, TBHQ, Fe, PK, AF

18

Sarimi

Makanan Siap Saji

MSG, NB, MNG, MH, pewarna, AF, Fe

19

Gaga

Makanan Siap Saji

TF, MSG, NB, MNG, P, PK

20

Mie Duo

Makanan Siap Saji

MSG, Ng, NB, MNG, AF, AR

21

Salam Mie

Makanan Siap Saji

NaK, KCO3, Po, G, pewarna, Fe, Af, MSG

22

Pop Mie

Makanan Siap Saji

P, PK, Ng, MSG, AF, NB, MNG, Po

23

Cup Noodles

Makanan Siap Saji

pewarna, PK, F, Hp, Ps

24

Mie Gelas

Makanan Siap Saji

P, TBHQ, PK, MSG, MNG, NB

25

Mie Soun

Makanan Siap Saji

MSG,MNG, P, NB, PK, AF

26

Al-Ham Mie

Makanan Siap Saji

MSG,MNG, P, NB, PK, AF, TF

27

Sambal Asam Manis Kokita

Bumbu dalam Botol

Al, Ast, AS,MSG,Sk,AB,Ph

28

Sambal Terasi kokita

Bumbu dalam Botol

SB,MSG,Sk,AB,Bt

29

Sambal Bajak Kokita

Bumbu dalam Botol

SB,NB,MSG,Sk,Bt

30

Sambal Kecap Kokita

Bumbu dalam Botol

Pt,SB,MSG,Sk

31

Sambal Tauco Kokita

Bumbu dalam Botol

SB,Bd,MSG,Sk,Krt, NB

32

Sambal Balado Kokita

Bumbu dalam Botol

NB,Ast,SB,MSG,pewarna

33

Sambal Bangkok Kokita

Bumbu dalam Botol

Aa,Ca,La,SB,MSG,pewarna,NB

34

Sambal Indofood

Bumbu dalam Botol

Tkl,MSG,SB,pewarna,NB

35

Sambal Sasa

Bumbu dalam Botol

MSG,pewarna,P,Ast,NB,SB

36

Saus Tomat Lombok

Bumbu dalam Botol

NB,pewarna,MSG,Sk,AS,P,KB,Bd

37

Saus Raja Rasa

Bumbu dalam Botol

MSG,NB,Ca,Sk,pewarna

38

Saus Tiram

Bumbu dalam Botol

pewarna,MSG,Sk,Ca,NB,Ks

39

Kecap Sate

Bumbu dalam Botol

Sk,pewarna,NB,P

40

Kecap Indofood

Bumbu dalam Botol

KB,CaB,NB,Sk,pewarna,P,MSG

41

Kecap Cap Dorang

Bumbu dalam Botol

Sk,pewarna,P,NB,MSG

42

Kecap Bango

Bumbu dalam Botol

KB,CaB,NB,MSG,P

43

Kecap Piring Lombok

Bumbu dalam Botol

NB,MSG,P,Sk

44

Kecap ABC

Bumbu dalam Botol

MSG,P,Sk,NB

45

Saus Inggris

Bumbu dalam Botol

Vn,Gr,Sa,NB,MSG,P,Sk

46

Santan Kara

Bumbu Pelengkap dalam kemasan Plastik

MSG,Sk,P,NB,TBHQ

47

Cip Corned Beef

Makanan Kaleng

Nn,Po,N,Bd,Pn,Dg,MSG,Sc,Dim,Sn

48

Cip Soppini

Makanan Kaleng

TBHQ,Sn,Po,MSG,Bd,Pt,NB

49

Corned ABC

Makanan Kaleng

MNG,Nn,Bd,Pn,Sn

50

Sosis Champ

Makanan dalam Kemasan Plastik

Bd,Nn,TBHQ,Po,Pt

51

Sosis Farm House

Makanan dalam Kemasan Plastik

TBHQ,Sn,Po,MSG,Bd,Pt,NB

52

Sosis Vida

Makanan dalam Kemasan Plastik

NB,TBHQ,Po,Sn,Bd

53

Sosis Bernardi

Makanan dalam Kemasan Plastik

NB,Bd,Po,Pt

54

Bakso Vida

Makanan dalam Kemasan Plastik

NB,MSG,Po,TBHQ,B

55

Bakso Bernardi

Makanan dalam Kemasan Plastik

TBHQ,B,MSG,Po,Sn,NB

56

Qeju-Qeju

Makanan Pelengkap dalam Kemasan Kertas

KB,CaB,NB,N,Nn,Re,Pt,SB,An

57

Kraft Singles

Makanan Pelengkap dalam Kemasan Kertas

KB,NB,Kn,Nn,Re,Pt,SB,An,G

58

Blue Band

Makanan Pelengkap dalam Kemasan Plastik

Krt,Ks,Ss,NB,CaB,KB

59

Palm Boom

Makanan Pelengkap dalam Kemasan Plastik

NB,CaB,KB,Kst

60

Simas Margarin

Makanan Pelengkap dalam Kemasan Plastik

Krt,KB,NB,CaB,Ss,Ks

61

Chox

Permen

Ga,F,Sl,pewarna,Sk,P

62

Golia

Permen

Sg,Gl,M,Al,El,Pp,pewarna

63

Fruitella

Permen

AS,Ga,Gs,A,pewarna

64

Trebor

Permen

Am,AS,Ml,Em,pewarna

65

Big Babol

Permen

Gb,Gl,Sr,AS,pewarna

66

Gulas

Permen

pewarna,At,AS

67

Travella

Permen

Hm,M,CA,pewarna

68

Relaxa

Permen

pewarna,M,Hm

69

Station Rasa

Permen

AS,A,pewarna

70

Tango

Permen

CA,A,pewarna

71

Manise

Permen

AS,A,pewarna,Sk,P,Sl

72

Tamarin

Permen

At,AS,Sk

73

Plonk

Permen

Sg,Gl,M,Al,Pp

74

Kopiko

Permen

Ga,F,Sl,pewarna,Sk,P

75

Hexos

Permen

Gl,M,Al,El,Pp

76

Sugus

Permen

AS,Ga,Gs,F,pewarna

77

Collins

Permen

P,F,AS,Am,Gl

78

Boom

Permen

M,CA,AS,Hm,Gl

79

Pindy Mint

Permen

M,Hm,F,AS,pewarna

80

Hulabaloo

Biskuit

Ab,R,Pn,Sn,NB

81

Tops

Biskuit

Sl,Ab,NB

82

Gery

Biskuit

S,Pn.Sn,NB

83

Nyam-nyam

Biskuit

Ab,Em,NB,Ft

84

Twister

Biskuit

Ab,D,NB,Ft

85

Bricko

Biskuit

D,SB,NB,Sl,Ab

86

Selamat

Biskuit

V,Sl,Ab

87

Good Time

Biskuit

Ab,NB,V,Sl

88

Micmac

Biskuit

Ab,F,pewarna,NB,SB

89

Trenz

Biskuit

Ab,pewarna,V,Sl,MSG

90

Dueto

Biskuit

Ab,NB,SB

91

Snips Snaps

Biskuit

Ab,Sl,S,Pp,SB,NB

92

Trakinas

Biskuit

Ab,NB,pewarna,F,Sl

93

Oops

Biskuit

pewarna,Hp,NB,MSG

94

Oreo

Biskuit

Ab,NaB,NB

95

Ritz

Biskuit

Am,Pr,MNG,Kf

96

Tropicool

Jelly

NB,AS,Kr,Pc,pewarna

97

Okky

Jelly

I,Ks,Pe,pewarna

98

Inaco

Jelly

NB,AS,I,Pc,pewarna

99

Mariza

Selai

AS,Ks,pewarna

100

Welco

Selai

AS,pewarna,NB,Ks,P

101

Harry

Selai

pewarna,NB,AS,Ks,Pt

102

Pido

Selai

NB,AS,Ks,P,pewarna

103

Iduna

Selai

NB,Ks,AS,P,pewarna,Pt,I

104

Fresh

Pemanis dalam botol

NB,P,pewarna,CaB,KB,Bd,P,Pe

105

Marjan

Pemanis dalam botol

pewarna,NB,KB,Pe

106

Abc

Pemanis dalam botol

pewarna,Pe,P,Cab,Nb

107

Coffe Mocca

Pemanis dalam botol

Pe,NB,KB,P,pewarna

108

Leo

Pemanis dalam botol

P,Pe,pewarna,CaB,NB

109

Pocarri Sweat

Minuman dalam kaleng

AS,Ns,NaCl,CaCl,Kal,Mg,Prs

110

Fanta

Minuman dalam kaleng

Mg,Prs,pewarna,KB,CaB,NB,Bd

111

Green Sand

Minuman dalam kaleng

Prs,CaB,KB,Bd,Mg

112

Sprite

Minuman dalam kaleng

Prs,Mg,AS,Kal,NB

113

Coca-cola

Minuman dalam kaleng

KB,NB,Mg,Kal,AS

114

Diet Coke

Minuman dalam kaleng

AS,NB,Mg,Kal

115

Pepsi

Minuman dalam kaleng

AS,NB,Mg,Kal,Prs

116

Calpico Water

Minuman dalam kaleng

AS,Ns,NaCl,Kal,Mg,Prs

117

Sunkist

Minuman dalam kaleng

pewarna,Prs,NB,Kal

118

Fruit Tea

Minuman dalam kaleng

Ps,TBHQ,Prs,F,pewarna,NB

119

Ribena

Minuman dalam kaleng

Ps,Prs,pewarna,NB,AS

120

Go-go

Minuman dalam kaleng

Prs,pewarna,NB,AS

 

KETERANGAN

ID

SINGKATAN

KEPANJANGAN

1.

TBHQ

Antioksidan, ascorbid acid

2.

MSG

Monosodium Glutamat

3.

CaCO3

Kalsium Karbonat

4.

DG

Dinatrium Guanilat

5.

DI

Dinatrium Inolsitat

6.

Pewarna

Sunseet Yellow/Kuning FCF CI 15985,Karamel,

Tartrazine CI 19140,Ponceou 4R CI 16255,

Merah Allura CI 16035,

Biru Berlian CI 42090,Enthrosine CI 45430,

Indigotine CI73015,Coklat HT

7.

NaB

Natrium Bicarbonat

8.

Si

Siklamat

9.

FF

Ferro Fumarat

10.

KCL

Kalium klorida

11.

AS

Asam Sitrat

12.

NB

Natrium Benzoat

13.

SB

Sodium Benzoat

14.

KB

Kalium Benzoat

15.

Fe

Zat besi

16.

Pk

Pengatur Keasaman

17.

P

Pengental

18.

AF

Asam Folat

19.

KCO3

Kalium Karbonat

20

Po

Poliphospat

21.

G

Guar Gum

22.

Tk

Thickener

23.

AR

Acidity Regulator

24.

MNG

Mononatrium Glutamat

25.

MH

Metil-p-hidroksi Benzoat

26.

TF

Trikalsium Fosfat

27.

Ng

Natural Gum

28.

Nn

Natrium Nitrit

29.

N

Nitrat

30.

Bd

Belerang Dioksida

31.

Pn

Pepsin

32.

Dg

Disodium Guanilat

33.

Sc

Sodium Cloride

34.

Dim

Disodium Inosinate Maltol

35.

Sn

Sodium Nitrit

36.

Pt

Potassium

37.

Al

Asam Laktat

38.

Ast

Asam Asetat

39.

Sk

Sakarin

40.

Ph

Pigmen Heme

41.

Bt

Betasianin

42.

Krt

Karotenoid

43.

Aa

Acetid Acid

44.

Ca

Citrid Acid

45.

Tkl

Tokoferol

46.

Ks

Kalium Sorbat

47.

Vn

Vinegar

48.

Gr

Garlic

49.

Sa

Sorbid Acid

50.

F

Flavour

51.

Hp

Hidrosilat Protein Sayuran

52.

Ps

Pemanis

53.

Ga

Gom Arab

54.

Sl

Soya Lesitin

55.

Pg

Penggumpal

56.

Sg

Sirup Glukosa

57.

Gl

Gliserin

58.

M

Mentol

59.

El

Eukaliptol

60.

Pp

Pepermint

61.

Gs

Gelatin Sapi

62.

Am

Asam Malat

63.

Ml

Molases

64.

Em

Emulsifier

65.

Gb

Gum Base

66.

Sr

Sorbitol

67.

At

Asam Tartrat

68.

Hm

Herbal Mint

69.

CA

Cooling Agent

70.

A

Aroma

71.

Ab

Amonium Bicarbonat

72.

R

Ragi

73.

Pn

Papain

74.

S

Salt

75.

Em

Ekstrak Malt

76.

Ft

Fruktosa

77.

D

Dextrose

78.

V

Vanili

79.

Kf

Kalsium Fosfat

80.

Kr

Karagen

81.

Pc

Pectin

82.

I

Inulin

83.

Ks

Kalsium Sitrat

84.

Pe

Pengemulsi

85.

NaCl

Natrium Klor

86.

CaCl

Kalsium Klor

87.

Kal

Kalsium Laktat

88.

Mg

Magnesium Karbonat

89.

Prs

Pencita Rasa Sitrus

90.

Re

Renin

91.

An

Annato

92.

La

Lactid Acid

93.

NaK

Natrium Karbonat

94.

Ns

Natrium Sitrat

95.

Pr

Protease

96.

Kn

Kalsium Nitrit

97.

Ss

Sodium Sitrat

98.

Am

Amilase

99.

B

Borax

 

 

2.4 DAMPAK DARI JUNK FOOD

      Beberapa dampak yang ditimbulkan dari junk food adalah:

2.4.1 Meningkatkan risiko penyakit jantung

Sebuah studi yang dilakukan University of Minnesota School of Public Health, meneliti tentang efek berbahaya dari junk food. Penelitian ini dilakukan selama 10 tahun yang melibatkan lebih dari 60.000 orang Singapura keturunan Cina. Partisipan berusia antara 45-74 tahun. Selama 10 tahun periode studi, menunjukkan 1.397 partisipan meninggal akibat penyakit jantung dan 2.252 menderita penyakit diabetes tipe 2.

             Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa makan fast food dua  kali atau lebih dalam seminggu memiliki kemungkinan 27 persen lebih besar untuk terserang diabetes dan 56 persen meninggal akibat penyakit jantung, dibandingkan dengan partisipan yang jarang atau tidak pernah makan fast food. Bahkan 811 partisipan yang diketahui makan fast food empat kali atau lebih perminggu, risiko kematian akibat serangan jantung meningkat hingga 80 persen.

2.4.2 Kanker kolorektal

Kanker kolorektal atau kanker yang menyerang organ usus besar dan anus, kebanyakan menyerang orang di atas usia 50 tahun. Namun di Indonesia diketahui beberapa pasien di bawah usia 50 tahun juga menderita kanker ini. Menjamurnya restoran makanan cepat saji atau fast food dituduh sebagai penyebab tingginya penderita kanker kolorektal di Indonesia.

DR. dr. Noorwati Sutandyo, Sp.PD, KHOM menyarankan untuk mencegah kanker kolorektal sejak dini. Hal ini bisa diusahakan dengan banyak makan sayuran, buah-buahan, ikan dan banyak berolahraga. Selain itu sedini mungkin untuk mengurangi atau tidak makan fast food sama sekali. Kanker kolorektal merupakan kanker yang bisa dicegah dan diobati jika masih dalam stadium rendah.

2.4.3 IQ pada anak lebih rendah

Penelitian dari University of Adelaide menunjukkan bahwa pola makan yang sarat junk food di usia kecil, akan membuat IQ anak lebih rendah dua poin dari anak yang tak banyak makan junk food saat masih kecil.

Walaupun perbedaan IQ-nya tak begitu kentara, studi ini membuktikan bahwa pola makan anak berusia 6 sampai 24 bulan memberikan efek yang kecil namun signifikan terhadap IQ saat usianya mencapai 8 tahun. Oleh karena itu penting bagi orang tua untuk mempertimbangkan dampak jangka panjang makanan yang diberikan pada anak.

2.5 CARA MENGURANGI JUNK FOOD DALAM KEHIDUPAN

2.5.1  Memilih Menu Nasi untuk makanan Pokok

Ketika teman-teman datang ke restoran siap saji (fast food), cobalah pilih nasi jangan kentang goreng.  Karena dalam kentang goreng lebih banyak lemak dan natrium. 

2.5.2 Kurangi porsi

Ketika membeli di tempat siap saji, belilah porsi makanan yang secukupnya, hal ini agar mengurangi asupan gizi yang berlebih khususnya lemak yang dapat menimbulkan kegemukan bagi anda.

 

2.5.3 Minumlah Air Putih atau Jus Buah

Ketika memilih minuman, pilihlah air putih atau jus buah dibandingkan minuman soft drink.  Hal ini dikarenakan air putih dan jus buah memiliki kandungan vitamin yang lebih dibanding soft drink

2.5.4 Jangan mengkomsumsi kulit ayam

Ketika kita memakan ayam di restoran siap saji, kulit ayam pasti merupakan salah satu makanan favorit kita.  Karena rasa dan bumbunya yang sedap.  Tetapi ternyata dibalik itu kulit ayam adalah sumber lemak jenuh dan kolesterol.

2.5.5 Mintalah salad sebagai tambahan asupan sayuran

Salad dapat berfungsi sebagai pengganti sayuran yang memilik banyak vitamin dan serat.

2.5.6 Kurangi kadar saus dan mayonnaise

Makan makanan junk food atau fast food akan lebih nikmat apabila kita menggunakan saus, sambal dan mayonnaise.  Tetapi ternyata saus banyak mengandung natrium dan pengawet, sedangkan untuk mayonnaise sendiri memiliki lemak yang tinggi.

2.5.7 Kurangi frekuensi makan junk food

Ini yang penting, cobalah untuk tidak terlalu sering mengkonsumsi restoran junk food ini.  Kurangi frekuensi minimal 3-4 kali dalam sebulan.

 

 

BAB III

PENUTUP

 

3.1 Kesimpulan

                  Junk food dan zat aditif ada kalanya mempunyai hubungan, bahan-bahan yang digunakan membuat makanan tersebut sering menggunakan zat aditif untuk cita rasa masakan serta lebih awet dan tetap menarik untuk konsumen mengonsumsinya. Penambahan dengan menggunakan zat aditif non alami dirasa para produsen lebih efisien, cepat, dan murah dibanding yang alami. Hal itu menjadikan kecenderungan pemakaian zat-zat kimia yang terlalu sering, sehingga di masa sekarang sudah jarang ditemukan makanan yang 100% berbahan aman dan proses pembuatannya dilakukan secara alami atau tradisional.

                 Junk food maupun zat aditif bila dikonsumsi seminimal mungkin tidak akan terlalu berdampak buruk bagi kesehatan. Tetapi bila hal itu dikonsumsi berlebihan terlalu sering akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

3.2 Saran

                  Setidaknya kita dapat menganalisa dan memilih makanan dengan tepat, himbauan WHO atas daftar makanan di atas bukan berarti kita dilarang mengkonsumsinya, paling tidak pola hidup sehat juga didukung oleh pola makanan sehat dapat menyeimbangkan keduanya.

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

http://tipsehat4u.blogspot.com/2012/08/efek-berbahaya-makan-junk-food.html

http://armylookfashion.com/2011/09/20/apa-sih-makanan-junk-food.html/

http://mirfat-rm.blogspot.com/20

12/06/junk-food-zat-aditif-pada-makanan.html

From → Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: